[6] [article] [slider-top-big] [Latest News]
You are here: Home / , , Intel 18 Core Processor

Intel 18 Core Processor

| 1 Comment
Intel-18-core-processor-broadwell-EP

Beberapa waktu lalu, Intel telah mengeluarkan Xeon Codename Ivy Bridge 12 Core.

Perusahaan Prosessor kelas dunia tersebut berencana akan membuat prosesor dengan jumlah core 18.
Jika Ivy Bridge menggunakan proses fabrikasi 22 nanometer, kedepannya Intel akan memproduksi prosesor baru dengan proses 14 nanometer.
Namun intel telah merencanakan akan membuat prosesor 18 core. Sehingga jumlah core dalam prosesor bisa meningkat menjadi 18 buah.   prosesor baru ini nanti akan diberi codename  ”Broadwell-EP” dan “Broadwell-EX”.
Intel Broadwell 18 core processor
intel+18+core+Xeon+E5+2600+V4+Broadwell+EP

Dikutip dari VR-Zone, chip Broadwell-EP akan diluncurkan pada 2015 dan tersedia dalam dua varian. Yang pertama adalah versi desktop berkinerja tinggi dengan jumlah core antara 8 hingga 10 buah. Lainnya merupakan versi workstation dengan inti pemrosesan berjumlah 12 hingga 16 buah. Adapun varian dengan 18-core akan datang dari keluarga Broadwell-EX. Namun disini Intel tidak akan meningkatkan kecepatan core prosesornya, melainkan hanya menambah jumlah corenya dalam tiap prosesor.

Tak hanya prosesor yang dikembangkan Intel, tetapi juga memori. Untuk menunjang perkembangan prosesornya, Intel memasangkan dengan RAM berkecepatan DDR-2400. Tak hanya kecepatan tinggi namun modul yang bisa diakses dalam waktu bersamaan mencapai 16 buah.

Prosesor-prosesor tersebut merupakan keluarga Xeon pertama yang dibangun dengan proses fabrikasi 14nm. Waktu peluncurkannya diperkirakan berdekatan dengan acara Intel Developer Forum 2015, pada September tahun depan.

Sumber: