[6] [article] [slider-top-big] [Latest News]
You are here: Home / , Mega-proyek "eco-friendly"

Mega-proyek "eco-friendly"

 
Walaupun gedung-gedung ini berukuran raksasa namun tetap mengutamakan kelestarian dan keberlanjutan bumi ini melalui Design dan teknologi yang ramah ligkungan, fungsional, futuristic, nyaman, juga bernilai estetika.
Gedung-gedung pencakar langit sekaligus ramah lingkungan (Go Green) tersebut adalah;
1. The Bow [Calgary]
The Bow terletak di Calgary Amerika utara, merupakan gedung perusahan gas HQ of EnCana dengan ketinggian 236m, yang mampu menampung sekitar 3.300 karyawan perusahaannya gan. Jadi gan Gedung ini ramah lingkungan karena desain dinding jendela kacanya yang melengkung yang mampu menangkap sinar matahari secara optimum untuk pencahayaan dalam gedung sehingga hemat penggunaan listrik untuk pencahayaan namun mampu meredam panas sesuai yang dibutuhin didalam gedung.
Selain itu gan gedung raksasa ini dibangun menggunakan material yang super kuat sehingga hemat material yang dipakai dalam pembangunannya sampai 30 persen.

2. The Cactus Project [Qatar]
Gedung ini dibangun untuk kantor dari the Qatari Minister of Municipal Affairs & Agriculture gan dan dibangun di gurun pasir di Doha Qatar. Desain Gedung ini terinspirasi dari tumbuhan kaktus yang biasa hidup di padang pasir baik secara bentuk maupun kemampuannya yang beradaptasi di lingkungan gurun pasir. Fitur” ramah lingkungan nya beragam terutama adalah kemampuannya memanfaatkan energy sinar matahari secara efisien melalui tingkap jendelanya yang secara otomatis membuka dan menutup tergantung dari temperature yang optimal untuk kenyamanan penggunaan gedung, hal ini sesuai dengan kemampuan membuka menutupnya stomata pada tumbuhan kaktus dalam beradaptasi dilingkungan gurun pasir. Selain itu gan didalam gedung ini merupakan suatu doom untuk beragam tanaman dan yang terutama adalah kaktus.

3. 525 Golden Gate [San Francisco]
Gedung ini merupakan gedung administrasi pemerintah San Francisco. Di fasad maupun di atap gedung ini penuh dengan panel surya untuk memasok kebutuhan listrik bangunan ini. Selain itu jendela kaca gedung memaksimalkan sinar matahari sebagai penerangan utamanya pada siang hari. Dan yang terutama gan kota ini berjuang memimpin sebagai kota paling hijau di USA melalui green building nya.

4. The Okhta Tower [St Petersburg]
Di 2016 nanti Bangunan masa depan ini didesain menjadii bangunan tertinggi 396m dan ter hijau di daratan eropa. Bangunan ini merupakan milik HQ of Russian gas giants Gazprom Neft. Menara ini dibangun lima sisi dan dirancang memanfaatkan energy aliran sungai Nava yang mengelilingi bangunan ini. Jendela kaca memaksimalkan sinar matahari masuk dan sebagai insulasi yang baik di musim dingin.

5. Fusionopolis [Singapore]

Gedung pencakar langit ini merupakan cita” dan rancangan arsitek environmentalist Ken Yang. Dirancang dangan lantai seluas 1,3juta sq ft dan akan diisi rangkaian vegetasi sampai sepanjang 1,4 km tumbuhan hidup. Jadi gan gedung pencakar langit ini akan menjadi rumah kaca raksasa bagi tumbuhan didalamnya yang akan lestari karena tidak akan terganggu oleh perubahan iklim sekitar. Sinar matahari masuk secara tidak langsung melalui kaca jendela prisma yang didesain khusus.

6. Ernst & Young HQ [Amsterdam]
Pencakar langit 24 lantai di Amsterdam ini merupakan kantor the HQ of Ernst & Young . Didesain oleh Foster + Partners . Gedung ini secara efisien memakai pencahayaan alami sinar matahari sebagai penerangan utama di siang hari. Dan menampung air hujan dan diproses sebagai sumber air utama , jadi tidak ada air yang terbuang sebagai limbah.

7. StatoilHydro HQ [Oslo]
Bangunan futuristic ini nantinya menjadi milik HQ of Norway’s StaoilHydro di Norwegia . Bangunan ini didesain sedemikian khusus sehingga menampilkan bangunan yang unik dan radikal dalam penampakannya. Energi geothermal yang renewable atau panas bumi alami menjadi sumber energy utama gedung ini sebagai pemanas maupun pendingin ruangan melalui jalur pemipaan yang didesain bagaikan system radiator.

8. China Insurance Group HQ [Shenzen]
Gedung asimetri yang nantinya sampai 49 lantai ini sedang dalam pembangunan. Jendela dan ventilasi gedung ini didesain khusus sehingga resisten terhadap hembusan angin dan memanfaatkan energy anginnya untuk nmenggerakkan turbin generator sebagai sumber energy. Selain itu atap bangunannya akan penuh dengan panel surya

9. BBVA HQ [Madrid]
Nantinya akan menjadi markas group BBVA’s new HQ di pinggiran Madrid. Bangunan ini dilengkapi dengan taman disekeliling dan didalam gedung dengan pusat gedungnya focus pada suatu menara yang menjulang. Gedung ini memanfaatkan sinar matahari sebagai pemasok listrik dan memanfaatkan air hijan yang ditampung sebagai sumber airnya.
Sumber