[6] [article] [slider-top-big] [Latest News]
You are here: Home / , Waspadai malware baru Android

Waspadai malware baru Android

Sistem operasi Android kembali menjadi bulan-bulanan para pelaku kejahatan cyber. Perusahaan kemanan perangkat mobile bernama FireEye baru-baru ini menemukan sebuah malware jenis baru yang kedapatan menyerang perangkat berbasis Android.
Menurut yang dilansir laman Softpedia, Rabu (22/1/2014), malware yang dijuluki 'Android.Hehe' atau 'Android.misoSMS' ini diciptakan untuk mencuri data SMS dan panggilan telepon masuk pengguna.
Lebih lanjut dijelaskan, pada awalnya malware ini akan muncul sebagai notifikasi update keamanan sistem operasi Android. Bila Anda melakukan update yang diminta, maka proses infeksi malware ini pun dimulai. Malware tersebut akan menyerang sistem program command and control (C&C) dan dapat memantau SMS ataupun panggilan telepon yang masuk.
Tidak diketahui secara pasti apa keuntungan yang para pelaku cybercrime dapatkan dari malware jenis ini. Namun yang pasti malware ini bertujuan untuk memantau aktifitas pribadi pengguna. Tak menutup kemungkinan berbagai data dan informasi penting yang dikirimkan via SMS atau panggilan telepon dapat dikuasai oleh para pelaku kejahatan cyber.
Maraknya adopsi perangkat Android dan jumlah pengguna Android yang sangat besar membuat sistem operasi besutan Google ini menjadi incaran para pembuat malware atau virus.
Bahkan menurut perusahaan keamanan Trend Micro, pada semester pertama 2013 lalu, terjadi peningkatan volume malware 2x lipat pada Android dengan jumlah yang mencapai350 ribu. Jumlah itu diperkirakan akan terus meningkat pada awal tahun 2014 ini hingga 1 juta malware.
Fakta ini menjadikan posisi Android menyaingi Windows di PC dalam hal target serangan malware. Ancaman yang dihadapi Android kini makin luas dan serius. Bahkan bisa disamakan dengan ancaman yang menyerang platform Microsoft Windows.
Sumber