[6] [article] [slider-top-big] [Latest News]
You are here: Home / , 5 Facts Paul Walker's Porsche Carerra-GT

5 Facts Paul Walker's Porsche Carerra-GT

| No comment

Paul Walker, aktor Fast & Furious yang dikenal sebagai pecinta otomotif baik di dalam maupun luar peran, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil Porsche Carrera GT miliknya.
Berbagai spekulasi muncul dan menyatakan bahwa penyebab kecelakaan yang juga merenggut nyawa rekan Walker, Roger Rodas diakibatkan oleh kondisi kendaraan yang sedang bermasalah.
Walaupun begitu, di samping kerusakan yang mungkin terjadi, mobil Porsche Carrera GT sejak dulu memang dikenal sebagai kendaran yang berbeda dibandingkan kendaraan lain pada umumnya.
Seperti dilaporkan CNN, Rabu (4/12), Carrera GT ini memiliki kekuatan kuda 3 kali lipat dibandingkan mobil biasa. Mobil ini dikenal sebagai jenis yang sulit dikendalikan bahkan oleh para pengemudi profesional.
Mengapa kendaraan buatan tahun 2005 ini sangat berbeda dengan mobil lainnya? Berikut lima fakta mengenai mobil yang menjadi saksi bisu kematian Walker:
1. Mobil balap ini memiliki kecepatan maksimal 208 mil/jam atau 334 km/jam. Tingkat kecepatan mesin V10 pun tak diragukan lagi, juga memiliki lebih dari 600 tenaga kuda, demikian dijelaskan Eddie Alterman, pemimpin redaksi majalah Car and Driver. Bahkan Todd Timble, seorang mekanik di Las Vegas menyatakan, "Ini merupakan mobil yang sangat sulit untuk dikendarai. Ini murni mobil pembalap. Anda harus benar-benar tahu apa Anda lakukan saat mengemudinya."

2. Mobil ini memiliki harga dan biaya perawatan yang begitu tinggi. Sebab, harga satu mobil dapat mencapai AS$450 ribu atau setara Rp. 5,3 Milyar. Bahkan untuk sekali penggantian oli, Anda harus merogoh kocek hingga AS$ 900 atau sekitar Rp 10 juta.
3. Mesin kendaraan terletak di tengah. Ini membuat mobil melaju lebih lincah dan cepat. Dibandingkan mobil dengan mesin yang terletak di bagian depan maupun belakang, posisi mesin seperti ini berdampak besar terhadap ketangkasan kendaraan. Alterman menjelaskan, Carerra GT ini mampu membelok ke arah berbeda dengan sangat cepat layaknya mobil balap. "Ini lebih dari mobil super. Ini yang kami sebut dengan mobil hyper," terangnya.
4. Carrera GT tidak memiliki kontrol stabilitas. Padahal ini sangatlah penting dalam mengatur keseimbangan kendaraan saat melaju atau berhadapan dengan belokan atau putaran jalan.
5. Hanya terdapat 1300 Porsche Carrera GT di dunia. "Mobil ini semakin langka," jelas Trimble. "Kebanyakan dari semuanya ketika sudah rusak, tak menyisakan banyak."
Jadi, apakah anda masih berminat mengkoleksi mobil ini juga??hehehehe